Hidup ala Masyarakat Merapi: Bagaimanapun Merapi adalah Jantung Kehidupan Kami

Bagi kami warga Merapi, kecintaan kami terhadap Merapi barangkali tidak akan pernah bisa terganti. Bagi kami, Merapi adalah jantung kehidupan, sumber penghidupan. (Lavigne, et.al, 2008) Bagi masyarakat lokal, Merapi memberi penghidupan dari apa yang dimilikinya, seperti air, rumut hijauan ternak, kayu dan hutan, sumber irigasi untuk pertanian, serta pasir dan batu. Bahkan sudah sejak lama …

Advertisements

Bicara Lagi Soal Merapi #2018Eruption

Bagi kami warga Merapi, kecintaan kami terhadap Merapi barangkali tidak akan pernah bisa terganti. Saya mungkin sudah terlalu sering menuliskan kalimat tersebut. Itu pula yang mungkin membuat beberapa teman saya agak - agak bosan dengan uraian 'kecintaan' saya soal Merapi. Bagaimana mereka tidak bosan? Saya menyelesaikan bachelor thesis saya di sekitar Merapi, di mana saya …

Negeriku |Bukan| Negeri Trending Topic

Kau tahu kawan? Nun di sana ada sebuah negeri Negeri elok zamrud khatulistiwa Di mana mentari menyinari tanpa henti Batu dan kayupun bisa menjulang Menghidupi raga para penduduk negeri Ikan melimpah ruah Laut biru sungai mengalir Kau tahu kawan? Negeri itu negeriku yang cantik Negeri yang menawan Negeri elok, negeri kebanggaanku, tanah air Ah kawan, …

being a feminist?

Tanggal 08 Maret adalah Women Day International. Saya mau menegaskan bahwa saya memang seorang yang cukup senang ketika diajak berdiskusi soal feminsm. At least,  I don't need to think about man! they are sometimes and many times make me confused and give me misunderstanding :p. Lepas dari apa yg orang definisikan tentang seorang feminism, baik yang dia kategori-kan sebagai feminisme klasik …

approaches in geography analysis-pendekatan analisis dalam geografi

Sebagai mahasiswa lulusan urban and regional planning, dan sekarang terdampar di geografi…membuat saya sedikit lebih paham, mengapa harus ada pendekatan spasial dalam menganalisis suatu apa yang disebut ruang itu…okeh! Ini saya sarikan dari artikel salah satu Idol saya di bidang geografi (krn produktif menulisnya boo), Bpk Hadi Sabari Yunus. Let’s start the approaches in Geography …

the Playfair law!

Playfair’s Law: “Every river appears to consist of a main trunk, fed from a variety of branches, each running in a valley proportioned to its size, and all of them together forming a system of valleys connecting with one another, and having such a nice adjustment of their declivities that none of them join the …

do you think that strike is annoying? -but here we are, Kathmandu!-

Pekan ini salah satu bagian dari pikiran saya disibukkan dengan rumitnya menulis sebuah makalah kecil hasil pemaksaan dari dosen saya di Nepal. Beliau bilang sic, ganti dari satu setengah bulan liburan di sini. Lah? Salah siapa juga aplikasi saya diterima...nah, sama-sama jadi ga enak kan? Tapi pikiran yang satunya juga bercabang dengan ga bisa pergi …

tantangan itu…

dulu, saya sangat percaya dengan sebuah tantangan akan membangkitkan rasa juang kita tanpa terhingga. so, kadang2 saya merasa tantangan membuat saya seakan hidup kembali! tapi teman, pergi ke nepal untuk melakukan riset bukan sesuatu pilihan yang baik...kadang saya kok merasa, sudah berjuang mati-matian untuk bisa melaksanakan amanah dengan baik, tapi apa yang saya terima di …

How valuable are you?

Pernahkah kita memikirkan apa yang orang pandang dari diri kita? Sukses? Karier yang mantap? Keluarga yang harmonis? Sekolah yang tinggi di sekolah - sekolah terbaik dunia? Ataukah hanya sekedarnya saja karena dia tidak tahu kita selama ini ngapain aja: "Oh, that's |only| you!" Saya mungkin akan lebih menyukai jawaban terakhir: "Oh! That's |only| you!" Kendatipun …

Service is a must

Bagi organisasi - organisasi yang bergerak dibidang jasa, hal yang patut menjadi bahan pertimbangan yang pasti adalah "Service is a must!" Se-bagaimanapun sukarnya kita, menurut saya, jika berhubungan dengan jasa yang kita sediakan, meski menuntut harga yang lebih, kenapa nggak dikejar? *edisi kesal pake banget... Service and survive are related guys! Picture from here

Kembali |lagi| Soal Wanita Bekerja (Sudah Episode Ke-4)

Hari ini, 8 Maret adalah "International Women's Day". Saya sudah menulis tentang wanita bekerja ini sebanyak 4 seri. Saya menulis kesemuanya itu dari sudut pandang saya sebagai wanita yang hidup di lingkungan yang menurut orang-orang sangat patrenialistik (padahal tidak), yaitu masyarakat Jawa. Hari ini, tahun 2016, di mana Emma Watson sudah sering bicara soal equity …